Tips Membuat Resume Untuk Mahasiswa

3 Des

Melamar pekerjaan saat masih berstatus mahasiswa, kenapa tidak? Tulis resume dengan tepat agar peluang diterima lebih besar.

KapanLagi.com – Menggapai pekerjaan yang diinginkan, siapa yang tidak berminat meraih impian tersebut? Para masa persaingan yang semakin ketat ini, semakin banyak pengalaman, semakin besar pula peluang untuk meraih impian itu. Sekalipun status Anda saat ini masih sebagai mahasiswa dan belum meraih gelar diploma ataupun sarjana, tak ada salahnya membuka peluang untuk mendapat pengalaman di bidang yang Anda sukai, plus punya penghasilan sendiri.

Membuka usaha sendiri atau bekerja pada sebuah perusahaan dapat menjadi pilihan. Jika pilihan Anda jatuh pada bekerja di sebuah perusahaan dan tetap kuliah, maka Anda wajib membuat resume yang benar pada surat lamaran pekerjaan. Dengan resume yang benar dan menarik, peluang Anda untuk dipanggil dan mengikuti tes selanjutnya akan lebih besar. Catat tips menulis resume berikut ini,

 

khusus bagi Anda yang masih duduk di bangku perguruan tinggi.

1. Tuliskan Misi Yang Kuat

Tidak mudah bagi beberapa perusahaan untuk menerima pegawai yang masih berstatus mahasiswa. Selain kurangnya pengalaman, tidak sedikit mahasiswa yang mengabaikan pekerjaan saat dikejar tugas perkuliahan. Demikian juga sebaliknya, banyak mahasiswa yang mendadak meninggalkan pekerjaan demi mengejar ketertinggalan pelajaran perkuliahan, hal tersebut tentu merugikan perusahaan. Karena itu, tulis misi yang kuat pada resume Anda, bahwa Anda adalah calon pegawai yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda ajukan. Anda memiliki bakat dan kemampuan pada bidang pekerjaan tersebut. Tawarkan apa saja yang bisa Anda berikan pada perusahaan.

2. Cantumkan Semua Keterampilan Dan Sifat Anda

Anda memang kurang pengalaman dibanding beberapa calon pegawai yang telah menyandang gelar, tetapi Anda pasti memiliki keterampilan dan sifat yang bisa ditawarkan pada bidang pekerjaan yang Anda ajukan. Tulis pendidikan yang sedang Anda jalani pada daftar paling atas riwayat pendidikan Anda. Pamerkan semua kemahiran Anda, kepiawaian menggunakan MS Office, kemampuan bahasa dan kemampuan apapun yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Tampilkan juga semua sifat yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kualitas, disiplin, tepat waktu, dapat bekerja dalam tim dan lain sebagainya.

3. Sertakan Kursus/Penghargaan Yang Relevan

Selanjutnya, Anda bisa menuliskan semua kursus atau penghargaan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai seorang design graphic, tuliskan jenis mata kuliah relevan yang memiliki nilai-nilai baik. Tulis juga semua penghargaan yang pernah Anda terima, misalnya lomba-lomba yang berkaitan dengan design graphic. Tulis juga di mana saja Anda pernah menjalani kurus yang berhubungan dengan design graphic. Hanya tulis hal-hal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda menuliskan semua, maka itu akan membuang waktu pihak HRD dan membuat Anda tampak tidak fokus.

Tunggu apalagi, segera buat resume dan raih impian Anda dengan pengalaman baru. Jika sudah diterima pada sebuah perusahaan, tetap raih prestasi di bangku perkuliahan. Selamat meraih impian!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: