Ini Dia Kronologis Kejadian Jembatan Kukar Roboh

27 Nov

Jembatan Kutai Kartanegara yang roboh tadi sore waktu setempat mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Saat kejadian, sebenarnya jembatan yang baru dibangun sekira 11 tahun lalu ini sedang dalam perbaikan.

“Sebelum roboh, sedang dilakukan pengenduran dan pengencangan baut,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo dalam pesannya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (26/11/2011).

Nah setelah dilakukan perbaikan baut, tiba-tiba terdapat tali penyangga jembatan yang putus yang kemudian diikuti semua tali penyangga jembatan. “Runtuhnya jembatan diperkirakan hanya sebentar tak lebih dari 30 detik,” ujar Sutopo.

Salahnya, saat dilakukan perbaikan jembatan, arus lalu lintas yang melintas di atas jembatan tersebut tidak dialihkan. Sehingga ketika jembatan ambruk, banyak kendaraan bermotor yang ikut tercebur ke dalam Sungai Mahakam.

Tercatat ada enam petugas yang sedang memperbaiki jembatan masih belum ditemukan hingga saat ini.

Berdasarkan data wikipedia, Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang mencapai 710 meter.

Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara Kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate yang terdapat di San Fransisco.

Jembatan Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda dan dikenal sebagai Golden Gate-nya Kalimantan karena menyerupai jembatan di San Fransisco, Amerika Serikat. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan ini juga merupakan akses menuju Samarinda ataupun sebaliknya yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit. Melewati Jembatan Kutai Kartanegara ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan sebuah pulau kecil yang memisahkan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Pulau Kumala, sebuah pulau yang telah disulap menjadi Kawasan Wisata Rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan Nusantara karena merupakan kawasan rekreasi keluarga yang hampir mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: