Jelang Chelsea Vs Liverpool di Stamford Bridge!

19 Nov

Setelah rehat selama sepakan karena pertandingan International, Liga Premier Inggris, akan kembali bergulir pada akhir pekan ini.

Partai big match akan tersaji di Stadion Stamford Bridge, kala tuan rumah Chelsea, akan menjamu Liverpool, Minggu (20/11), waktu setempat.

Persaingan antara dua tim ini mulai memanas ketika kedua nya harus bentrok pada Liga Champions.Tercatat kedua nya bertemu sebanyak 4 kali, di babak knock out, dimana 3 pertemuan diantara keduanya terjadi pada babak semifinal, dan 1 pertemuan terjadi di babak 8 besar.

Liverpool, berhasil membendung langkah Chelsea, pada dua pertemuan awal, dan pada dua pertemuan terakhir giliran Chelsea, yang berhasil mengalahkan Liverpool.

Yang pertama, pada Liga Champions musim 2004/05. Kedua nya bentrok pada babak semifinal. Pada partai pertama di kandang Chelsea, kedua tim bermain imbang 0-0. Partai kedua yang berlangsung di kandang Liverpool, berjalan dalam tensi tinggi. Tuan rumah berhasil mengubur ambisi tamunya, dengan skor 1-0, berkat gol Luis Garcia. Gol itu menimbulkan kontroversi, yang kemudian semakin memanas oleh pernyataan pelatih Chelsea, kala itu Jose Mourinho. Liverpool, pada musim itu berhasil menjadi juara Liga Champions untuk kelima kalinya.

Seperti sudah ditakdirkan, kedua tim harus kembali bertemu pada Liga Champions, musim 2006/07, juga di babak semifinal. Partai pertama kembali di mainkan di kandang Chelsea, dengan skor akhir 1-0, bagi kemenangan tuan rumah. Pada partai kedua di kandang Liverpool, gantian Liverpool, yang menang juga dengan skor sama 1-0. Pertandingan kemudian berlanjut pada babak tambahan waktu. Karena skor tetap tidak berubah, maka adu penalty harus di gelar untuk menentukan pemenangnya. Liverpool, kembali berhasil mengganjal langkah Chelsea, pada adu penalty dengan skor 3-0, secara keseluruhan Liverpool, unggul 4-1.

Situasi serupa kembali terjadi pada Liga Champions musim berikutnya, 2007/08. Kedua tim kembali berjumpa di babak semifinal. Pada partai pertama di kandang Liverpool, kedua tim berbagi angka 1-1. Pada partai kedua di kandang Chelsea, tuan rumah berhasil menjinakan tamunya dengan skor tipis 3-2.

Pertemuan terakhir diantara kedua nya pada ajang Liga Champions terjadi di musim 2008/09. Tidak seperti 3 pertemuan sebelumnya, kali ini kedua nya bentrok di babak 8 besar. Pada partai pertama Liverpool, yang bertindak sebagai tuan rumah, harus kandas dengan skor 1-3. Pada partai kedua dikandang Chelsea, Liverpool, tampil luar biasa, meskipun akhirnya harus kandas, karena pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 4-4, setelah sebelum nya mereka sempat unggul 3-1.

Rivalitas keduanya semakin memanas pada bursa transfer musim lalu. Ketika itu bintang Liverpool, asal Spanyol, Fernando Torres, secara mengejutkan hijrah ke Chelsea, pada bursa transfer musim dingin, dengan banderol 50 juta pound. Sebuah transfer yang sangat mengejutkan bagi penggemar Liverpool, yang langsung memberikan cap penghianat bagi Torres. Bisa jadi karena sumpah dari para pendukung Liverpool, penampilan Torres di Chelsea, sampai saat ini tidak kunjung membaik.

Untuk 5 pertamuan terakhir diantara keduanya, Liverpool, berhasil memenangkan 2 partai, Chelsea, juga 2 partai, dan 1 partai berakhir dengan imbang.

Namun, catatan itu tidak bisa menjadi patokan, karena kedua nya pada musim ini mengalami banyak perubahan dari skuad pemain. Tuan rumah kini memiliki pelatih baru, Andre Villas-Boas, yang memberikan sentuhan berbeda bagi permainan Chelsea.

Sementara itu, pada partai terakhir di Liga Premier, Chelsea, dengan penampilan pas-pasan berhasil menang tipis 1-0, atas tuan rumah Blackburn Rovers. Sedangkan Liverpool, harus puas dengan hasil imbang 0-0, ketika menjamu Swansea.

Posisi keduanya di klasement sementara kini hanya terpaut 2 tingkat. Chelsea, dengan koleksi 22 angka nya bertengger di peringkat ke-4. Liverpool, yang baru mengumpulkan 19 angka, berada di peringkat ke-6. Bila Liverpool, bisa memenangkan partai ini, raihan angka mereka akan menyamai Chelsea.

Partai ini akan jadi partai yang special, selain bagi Torres, juga bagi gelandang asal Portugal, Raul Meireles, yang akan menghadapi mantan rekan-rekan nya di Liverpool.

Jeda selama sepekan, sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, terutama untuk memulihkan kondisi pemain yang sedang mengalami gangguan kebugaran.

Dari kubu Chelsea, tidak ada permasalahan dari sisi kebugaran pemain. AVB, bisa menurunkan seluruh amunisi terbaiknya pada partai ini.

Kubu tim tamu tidak bisa menurunkan kapten tim mereka Steven Gerrard, yang kembali masuk ruang perawatan karena cedera. Tetapi, Kenny Dalglish, tampaknya sudah bisa menurunkan kapten kedua mereka Jamie Carragher, dan juga penyerang asal Uruguay, Luis Suarez, yang sempat mengalami gangguan kebugaran, kini telah siap untuk diturunkan.

AVB, pada partai ini akan kembali menurunkan formasi 4-3-3, dengan memasang Torres, Juan Mata, dan Daniel Sturridge, di lini depan. Frank Lampard, Florent Malouda, dan Jon Obi Mikel, akan menjadi dinamo permainan dari lini tengah. Petr Cech, akan mengawal gawang Chelsea, di bantu oleh duet bek, Jhon Terry, dan David Luiz. Ashley Cole, akan mengisi pos bek kiri, dan Branislav Ivanovic, di bek kanan. Seluruh skuad Chelsea, akan mencurahkan segenap konsentrasi mereka pada partai ini, sebelum mereka menatap partai krusial di Liga Champions, pada tengah pekan depan.

Dari kubu tim tamu, King Kenny, akan memainkan pola 4-4-2. Duet Luis Suarez, dan Andy Carroll, akan menjadi penggedor di lini depan. Stewart Downing, akan bermain sebagai sayap kiri. Dirk Kuyt, di sayap kanan. Duet Charlie Adams, dan Lucas Leiva, akan menjadi jangkar untuk menyeimbangkan permainan. Duet Jamie Carragher, dan Martin Skrtel, akan menjaga jantung pertahanan di depan kiper Pepe Reina. Jose Enrique, mengisi pos bek kiri, dan Martin Kelly, di bek kanan. Kehilangan angka pada partai terakhir akan membuat pasukan The Reds, tampil habis-habisan pada partai ini..

Partai ini akan berjalan dalam tempo tinggi sejak menit awal. Chelsea, yang bertindak sebagai tuan rumah akan mencoba mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Liverpool, akan mencoba menahan gempuran pemain tuan rumah, dan keluar menyerang ketika pertandingan memasuki menit ke-10, melalui pemain sayap mereka yang memiliki kecepatan.

Torres, pastinya akan menjadi pemain yang paling banyak mendapatkan sorotan pada partai ini. Permainan nya yang tidak kunjung membaik, semakin membuat dirinya dalam tekanan. Pernyataan yang akan membayar hutang bagi pendukng Chelsea, langsung mendapatkan kesempatan baik untuk pembuktian nya, ketika melawan klub yang membesarkan nya.

Berbeda dengan kompatriotnya itu, Juan Mata, sangat di harapkan bisa menjadi inspirator bagi permainan The Blues. Pergerakan Mata, dari sisi kanan permainan Chelsea, akan membuat bek kiri Liverpool, harus konsentrasi penuh bila tidak ingin kecolongan. Umpan matang, dan pergerakanya untuk membuka ruang, sangat diharapkan oleh Torres, agar dirinya bisa mendaptkan kesempatan untuk mencetak gol.

Kubu tim tamu, tentunya berharap Luis Suarez, akan menampilkan permainan terbaiknya, meskipun dirinya di guncang oleh sangsi dari FA, akibat perseteruan nya dengan bek MU, Patrice Evra. Aksi individu Suarez, yang di tambah pergerakan nya yang licin bak belut, akan membuat lini pertahanan Chelsea, bekerja keras.

Selain Suarez, Andy Carroll, juga bisa menghadirkan petaka bagi Chelsea, terutama melalui bola-bola udara. Dengan postur tubuh nya yang tinggi kekar, Carroll, siap menebar ancaman bagi gawang Chelsea.

Kenny Dalglish, bersama pasukan nya Liverpool, akan memberikan ujian serius bagi tuan rumah Chelsea, ketika kedua tim bentrok di Stadion Stamford Bridge, Minggu (20/11).

Adu strategy antara dua pelatih beda generasi, AVB, dan King Kenny, akan menjadi salah satu faktor yang paling dinantikan pada partai ini. Kemampuan AVB, untuk memberikan sentuhan berbeda bagi permainan Chelsea, akan mendapatkan perlawanan sengit dari kemampuan Dalglish, untuk memotivasi anak asuh nya, agar kemampuan terbaik mereka bisa keluar pada partai ini.

Kedalaman skuad yang bisa dibilang setara, di antara kedua, semakin membuat pertarungan dari pinggir lapangan ini semakin sengit. Kedua nya memiliki pemain-pemain yang bisa mengubah alur permainan, dan mempengaruhi hasil akhir. Didier Drogba, dan Craig Bellamy, akan menjadi aktor nya bila mereka diturunkan pada babak kedua, sebagaim pengganti, yang memiliki potensi untuk melalukan itu semua.

Kemampuan pemain-pemain Chelsea, untuk menciptakan situasi yang berbahaya bagi gawang Liverpool, dari set piece bola mati, terutama dari sepak pojok, menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian serius dari lini belakang Liverpool.

Pelanggaran di sekitar kotak penalty, bisa jadi akan berakibat fatal. Bukan tidak mungkin gol akan tercipta dari tendangan bebas, karena kedua tim memiliki penendang bola mati yang handal.

Rivalitas yang panas di antara kedua tim sejak pertengahan tahun 2000-an, akan menciptakan bara yang bisa memicu permainan keras menjurus kasar, dari kedua kubu. Bila itu yang terjadi, hujan kartu akan mewarnai partai ini.

Kesalahan sekecil apapun akan berakibat fatal. Kehilangan konsentrasi, terutama pada akhir-akhir babak, yang akan memicu situasi berbahaya, bisa menjadi petaka bagi kedua kubu. Hal itu harus menjadi perhatian serius dari pelatih, untuk mengontrol anak asuh nya.

Peluang kedua tim untuk memenangkan partai ini sama besar, 50:50. Skor tipis, selisih satu, atau paling banyak dua gol, bagi pemenangnya. Tetapi, kemungkinan partai ini berakhir dengan imbang juga sangat besar.

Selamat menikmati partai big match, yang akan disiarkan secara langsung oleh stasiun tv, MNC TV, pada hari Minggu (20/11), mulai pukul 23:00 WIB, bagi seluruh penggemar sepakbola.

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: