Tak Mudah Tiru Permainan Sepakbola Spanyol

10 Nov

Gaya main tiki taka yang diperagakan oleh timnas Spanyol sukses besar. Didorong rasa “iri”, banyak tim lain yang mencoba menirunya. Menurut Pepe Reina, tak mudah untuk menjiplak La Furia Roja.

Tiki taka adalah gaya bermain yang mengedepankan umpan pendek dan cepat dengan penguasaan bola yang sangat dominan. Gaya main semacam ini sudah membuahkan trofi Piala Eropa dan Piala Dunia.

Kesuksesan Spanyol tersebut membuat banyak tim lain berusaha menerapkan gaya bermain serupa. Bisakah?

“Kami memiliki generasi pemain yang hebat di usia yang sama. Para pemain ini tahu bagaimana cara untuk menang karena mereka telah menjadi pemenang bersama klub yang mereka bela,” sebut Reina yang dikutip Guardian.

“Ini tidak selalu mungkin untuk bermain dengan cara kami. Itu tergantung dari pemain dan tim serta juga pada filosofi yang Anda miliki. Namun, tidak semua orang bisa bermain seperti yang kami lakukan karena tidak ada satu pun yang mempunyai kualitas pemain seperti kami,” tambah penjaga gawang Liverpool itu.

Lebih lanjut lagi, Reina mengungkapkan bahwa dirinya merasa beruntung menjadi bagian dari tim yang mampu memenangi Piala Dunia dan Piala Eropa. Meski lebih sering duduk di bangku cadangan karena berada dibawah bayang-bayang Iker Casillas, dirinya tetap bangga dengan hasil yang diraih oleh timnnya.

“Tim internasional itu memiliki 23 pemain yang sangat penting bagi klubnya, namun hanya 11 yang dapat bermain. Jadi, Anda harus mengambil peran itu jika Anda cukup beruntung menjadi bagian di sana,” tutup mantan pemain Villarreal itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: