Tips Makanan Bikin Tubuh Anak Tumbuh Lebih Cepat

7 Nov

Untuk pertumbuhan yang sehat, tubuh memerlukan makanan yang seimbang dan kaya nutrisi. Ada beberapa makanan yang dapat membuat tubuh tumbuh lebih cepat. Maka itu pada anak-anak sangat disarankan makanannya mengandung gizi-gizi berikut ini agar badannya tumbuh cepat.

Tubuh membutuhkan protein, karbohidrat dan lemak untuk tumbuh dan berfungsi dengan baik. Berikut beberapa makanan yang bisa membuat tubuh dapat tumbuh lebih cepat, seperti dilansir Livestrong, Senin (7/11/2011):

1. Protein
Protein membantu tubuh tumbuh, yaitu otot dan jaringan lemak. Protein penting untuk pertumbuhan yang sehat, tetapi jangan makan lebih banyak protein dari yang Anda butuhkan.

Anak-anak antara usia 1 dan 3 tahun membutuhkan 13 gram protein setiap hari, dan anak-anak usia 4 sampai 8 tahun butuh 19 gram per hari. Anak-anak antara usia 9 dan 13 membutuhkan 34 gram. Remaja laki-laki membutuhkan protein lebih dari gadis remaja, yaitu 52 gram dibandingkan dengan 46 gram.

Bahkan ketika tubuh selesai tumbuh, Anda masih membutuhkan protein untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan. Wanita dewasa membutuhkan sekitar 46 gram protein sehari-hari dan pria dewasa membutuhkan sekitar 56 gram.

Contoh makanan dan jumlah protein yang dikandungnya meliputi: ayam, daging sapi dan ikan (7 gram per ons), susu (8 gram per cangkir), kacang-kacangan (16 gram per cangkir) dan telur (6 gram per telur besar).

2. Buah dan sayuran
Buah dan sayuran memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh agar tetap sehat dan tubuh yang sehat akan tumbuh lebih cepat dari tubuh yang kurang gizi.

3. Susu dan biji-bijian
Untuk tumbuh tubuh membutuhkan kalsium karena tulang yang kuat mendukung ukuran tubuh yang semakin meningkat.

Anak-anak antara usia 2-3 tahun perlu 1 cangkir produk susu tiap hari dan anak-anak antara usia 4-8 harus 1,5 cangkir susu atau setara dengan yogurt atau keju atau diperkaya kalsium susu kedelai, tahu atau jus jeruk. Anak-anak lebih tua dan orang dewasa perlu 3 cangkir susu sehari-hari.

Sedangkan biji-bijian menyediakan tubuh energi untuk tumbuh. Pilihan yang baik adalah oatmeal, roti gandum dan beras merah.

Anak usia 2-3 membutuhkan 3 ons biji-bijian. Anak perempuan antara usia 4-13 tahun perlu 5 ons biji-bijian, dan perempuan berusia 14-50 tahun perlu 6 ons gandum. Anak laki-laki usia 9-13 tahun perlu 6 ons dan laki-laki antara usia 14-30 tahun membutuhkan 8 ons biji-bijian sehari. Kebutuhan Anda untuk biji-bijian menurun sedikit ketika Anda bertambah tua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: