Restoran Tip Top Medan

4 Nov

Rasanya belum eksis di Medan kalo belum mampir ke Restoran Tip Top. Rumah makan yang sangat sangat melegenda di ibukota Sumatera Utara itu. Yg jadi andalan adalah hidangan es krim yg resepnya dipertahankan dari zaman kolonial hingga skrg.

Di Indonesia, resto es krim antik udah langka banget. Bisa dihitung dengan jari deh. Sebut aja Ragusa di Jakarta, Zangrandi di Surabaya, Toko Oen di Malang & Semarang dan satu lagi ya Tip Top di Medan ini.

Lokasi Tip Top berada di Jl. Kesawan atau sekarang bernama Jl. A. Yani, gak jauh dari pusat kota, kira2 sekitar 15 menitan kalo naik mobil.

Alkisah pada tahun 1929, restoran ini berdiri dengan nama Jangkie. Terus pindah ke Jl. Kesawan tahun 1934, sekaligus ganti nama jadi Tip Top. Yang makan es krim pada jaman itu tentu aja meneer-meneer Eropa van Belanda. Mungkin gak kukuw sama cuaca Indonesia yg puanes, jadi mereka doyan makan yg seger2 di resto Tip Top ini.

Konon sampe skrg alat2 masak yg digunakan di dapur masih otentik dari tempo doeloe. Uniform para waiter juga unik, pake baju putih lengan panjang, celana panjang putih plus kopiah diatas kepala. Jadi mirip PASKIBRAKA gitu dehh..

Menurut waiter paskibraka tadi, menu favorit disana adalah Mexicanner. Es krim vanilla putih yang diguyur dengan choco sauce, tiga iris buah peach (cmiiw!) dan garnis cherry centil diatasnya. Sayang es ini cepet banget meleleh, cherry sudah terpeleset jatuh waktu Mexicanner ini sampe diatas meja. Penyajiannya pake gelas stainless yg memang dipake buat nyantap es krim jaman jadoel.

As I always said before- karena aku bukan penggemar es krim, penilaian gw terhadap hidangan ini jauh dari objektif .  Jadi kalo ditanya soal taste, menurut ku Mexicanner ini oke kok. Tekstur es krimnya light, mudah lumer dimulut. Manisnya juga pas, balance ama karakter buah yg manis asam.

Carmen adalah versi lain dari Mexicanner yang juga favorit tamu di Tip Top. Bedanya, yg satu ini ditaburi kacang. Ada satu lagi yg namanya Java Ice, es potong yg warnanya coklat. Rasa kopi yg kuat tertera di lidah dari setiap gigitan. Mantab!

Kalo mau hidangan yg agak berat, bisa cobain Nasi Goreng Spesial. Yg special disini ga cuma literally plus telur ceplok kayak di abang2 nasgor yg lewat di depan rumah ku. Yg ini ditemenin ama beberapa lembar keripik emping belinjo dan 2 potong ayam goreng, ini baru namanya special. Rasa nasinya bener2 gurih, aromanya juga bikin ngiler.

Price :
Mexicanner – 12.5 K
Carmern – 12.5 K
Java Ice – 13 K
Nasi Goreng Spesial – 20sumthin *lupa*

Lokasi :
Tip Top Restaurant
Jalan. Jend. A. Yani 92 (Kesawan)
Medan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: